etika pasar bebas
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pasar bebas
memperoleh pembenaran karena mampu mengalokasikan sumber daya dan
mendistribusikan komoditas dalam cara-cara yang adil, mampu memaksimalkan
utilitas ekonomi para anggota masyarakat, dan menghargai kebebasan memilih baik
para pembeli ataupun penjual. Aspek-aspek moral dari sistem pasar ini sangat
bergantung pada sifat kompetitif dari sistem itu sendiri. Jika
perusahaan-perusahaan bergabung dan menggunakan kekuatan bersama untuk
melakukan penetapan harga, menyingkirkan pesaing dengan tindakan-tindakan yang
tidak adil, atau memperoleh keuntungan monopoli dengan mengorbankan konsumen
maka pasar tidak lagi menjadi kompetitif dan hasilnya adalah ketidakadilan,
penurunan utilitas sosial, dan pembatasan terhadap kebebasan memilih.
Persaingan
antara dua pihak atau lebih untuk memperoleh sesuatu yang hanya bisa dimiliki
salah satu dari mereka. Persaingan terjadi dalam pemilihan politik, sepak bola,
dimedan perang, dan dalam jalur dimana nilai didistribusikan di atas sebuah
kurva. Namun persaingan pasar melibatkan lebih dari sekedar persaingan antara
dua perusahaan atau lebih. Oleh karena itu, dalam makalah ini akan dibahas
mengenai etika pasar bebas yang dijadikan sebagai batasan atau pedoman dalam
bertindak atau melakukan persaingan dalam pasar bebas.
B. Rumusan Masalah
Bagaimanakah pengertian dari pasar bebas dan etika dalam
pasar bebas ?
C. Tujuan
Untuk mengetahui pengertian dari pasar bebas dan etika dalam pasar
bebas.
PEMBAHASAN
A. Pengertian Pasar Bebas
Pasar bebas
dianggap mampu melindungi hak atas kebebasan
sejauh memungkinkan masing-masing individu untuk mempertukarkan barang-barang
mereka secara sukarela dan bebas dari paksaan pemerintah. Pasar bebas dianggap
mampu melindungi hak atas properti pribadi sejauh masing-masing individu bebas
memutuskan apa yang akan dilakukan dengan apa yang dimilikinya tanpa interensi
pemerintah.[1]
Pasar bebas merupakanperkembangandari pasar lokal
dan nasional yang tidakmengenalketerbatasanwilayahtertentu. Pasar bebas
merupakanakibat logis dari era globalisasi. Dalam pasar bebas
suatukomoditastidakhanyaterbatasberasaldariwilayahsekitartetapisertamerta bisa
datangdariwilayah-wilayah yang jauhjangkauannya. Kata kunci pasar bebas
adalahefisiensi. Dalamperspektifekonomi islam, istilah pasar bebas
tidakdigunakan, tetapimenggunakanistilah pasar sempurna.[2]
Pasar Bebas
adalah suatu pasar dimana harga barang-barang dan jasa disusun secara lengkap
oleh ketidak saling memaksa yang disetujui oleh para penjual dan pembeli,
ditetapkan pada umumnya oleh hukum penawaran dan permintaan dengan tanpa campur
tangan pemerintah dalam regulasi harga, penawaran dan permintaan.Pasar bebas
adalah pasar ideal, di mana adanya perlakuan yang sama dan fair bagi semua
pelaku bisnis dengan aturan yang fair, transparan, konsekuen & objektif,
memberi peluang yang optimal bagi persaingan bebas yang sehat dalam pemerataan
ekonomi. Pasar bebas diadvokasikan oleh pengusul ekonomi liberalisme. Salah
satu ukuran kemajuan suatu bangsa dan keberhasilan suatu pemerintahan di era
pasar bebas adalah tingkat kemampuannya untuk menguasai teknologi
ekonomi(J.Gremillion).[3]
Dalam etika pasar
islami, ekuiblirium diartikan sebagai titik pertemuan persamaan hak antara
pembeli dan penjual.Hak pembeli untuk mendapatkan barang dan hak penjual untuk
mendapatkan uang yang sepantasnya dari barang yang dijualnya. Dalam konteks hak
ini, kewajiban-kewajiban masing-masing pihak harus terpenuhi terlebih dahulu,
kewajiban bagi penjual untuk membuat produk yang berkualitas dan bermanfaat dan
bagi pembeli untuk membayar uang tang sepantasnya sebagai pangganti harga
barang yang diperoleh.
Peran pemerintah dalam
mengatasi pasar bebas adalah melakkukan kebijakkan fiskal dan moneter, secara
langsung melakukan kegiatan ekonomi (mendirikan perusahaan) dengan produksi
barang publik, mengawasi agar kegiatan ekonomi yang merugikan dapat dihindari
dan mengawasi kegiatan-kegiatan perusahaan, terutama perusahaan yang besar yang
dapat mempengaruhi pasar.[4]
B. Etikadalam Pasar Bebas
Sebagaisebuah sistema, pasar bebas
memilikikeunggulandalamperekonomian. Haliniterutamakarenadapatmenjaminefisiensiekonomidengan
cara yang memuaskan.
Yakniefisiensidalamkontekskemampuanuntukmenghasilkansuatukomoditasatau jasa
yang terbanyak dan berkualitastinggidenganbiayarendah.
Selainitumempunyaikeunggulan pula adanyajaminankeadilanmelaluiperlakuan yang
sama dan fairbagisemuapelakuekonomi, adanya aturan yang jelas dan fair,
memberipeluang yang optimalbagipersaingan yang bebas sehat dan fair,
mempunyaikemampuanuntukmenjaminpertumbuhanekonomi dan
memberipeluangbagiperwujudankebebasanmanusia.
Menurutaksiomakebijakan, pada pasar bebas
dalamprosestawar-menawardilakukandengansikapkesukarelaan dan keramah-tamahan.
Kesukarelaandalampengertian, sikapsukarela antara keduabelahpihak yang
melakukantransaksiataukerja sama. Keduabelahpihak sama-sama mempunyaihakpilih
atas transaksi dan
tidakbolehbersegeramemisahkandiridaritransaksiituuntukmenjagajikaadaketidakcocokan,
bahkanpembatalandalamtransaksitersebut. Haliniditekankanuntukmenciptakan dan
menjagakeharmonisanhubungan dan cinta mencintai antara sesamapelakuatau mitra
bisnis. Adapunkeramah-tamahanmerupakansikapramah, toleran
baikdalammenjualmaupunmembeli. Darisikapdemikianmaka secara
otomatisakanmelahirkanpersaudaraandalamkemitraan yang salingmenguntungkan,
tanpaadanyakerugian dan penyesalan.
Posisiurgenitas dan
strategisnyaetikabisnisdalamkonteksiniadalahmeliputtiduasegi. Pertama,dariaspekkeadilansosialsupayasemuapeserta
yang terlibatdalamkompetisi pasar bebas diberikan dan mempunyaikesempatan yang
sama. Kedua,etikabisnissangatdibutuhkansebagaijaminan agar
kompetisiberjalandenganbaik secara moral. Pada
konteksinituntutanetikadapatdirumuskandengan cara positif dan negatif. Secara
positifkompetisiharusberjalan secara fairyakni agar
diantarakompetiterterjadiwin-winsolution. Adapun secara negatif,
bahwadalamkompetisitidakbolehada yang merugikanpihaklain. Dalamsuatubisniskepentingandirimerupakansuatuhal
yang terpenting.Tetapikepentingandiritidak identic dengan egoism
dantidakbolehmenjadi egoism yang menyebabkanadanyakerugianpadapihak lain.
MenurutIbnuTaimiyahdalam pasar bebas
hargadipertimbangkanolehkekuatanpenawaran dan
permintaan. Secara tegasiaberkata :Naikdanturunnyahargatakselaluterkaitdengankezaliman
yang dilakukanolehseseorang.
Sesekalialasannyaadalahadanyakekurangandalamproduksiataupenurunanimpordaribarang-barang
yang diminta.Jadijikamembutuhkanpeningkatanjumlahbarang,
sementarakemampuannyaakanmenurun, hargadengansendirinyaakannaik. Disisi lain
jikakemampuanpenyediaanbarangmeningkatdanpermintaanyamenurunmakahargaakanturun.
Kelangkaandankelimpahantakmestidiakibatkanolehperbuatanseseorang.Bisasajaberkaitandengansebab
yang
takmelibatkanketidakadilan.Atassesekalibisajugadisebabkanketidakadilan.Mahabesar
Allah yang menciptakankemauanpadahatimanusia.
Pada kontekstersebut, IbnuTaimiyahmenggunakanistilahkezaliman
yang menampakkanadanyakenaikanharga pada masa yang
disebabkanolehakibatketidakadilanataumallpraktek yang
dilakukanolehpenjualdalampengertianmanipulasi yang menyebabkanketidaksempurnaan
pasar. Karenaituiameletakkandasarwewenangregulasi pasar kepadapemerintah.
Regulasiinibertujuanuntukmemeliharakejujuran dan
memungkinkanpendudukdapatmemuaskankebutuhandasarnya.
Karenaitu pula pada konteksimplementasinyadilapangan,
solusialternatifdiatasmempunyaiketergantungan pada sistema politik dan ekonomi
pada sebuah negara. Yaitusebuah sistema sosialpolitik dan ekonomi yang
dapatmenjamin secara konsekuenkegiatanbisnis yang baik, etis, dan fair.
Dengandemikiandibutuhkansuatuperangkathukum yang adil pada satusisi dan
pemerintah yang bersih, adil, dan berwibawa pada sisilain.
Dalamimplementasinyawalaupundalam pasar bebas
terkesanadanyakebebasan antara kompetitordalammemasarkankomoditas yang
dimilikinya, tetapibukanberartikebebasan yang tiadaterbatas.
Kebebasandisinidalampengertianbahwa secara sadar dan tanpaadanyapaksaan pada
pelakubisnismengoptimalkanupaya-upayabisnisnya.[5]
C. Ciri –
ciriPasarBebas
Ciri-ciriutamaperekonomianpasarbebas,
yaitu :
1. Kegiatan ekonomi
ditentukan oleh keinginan pasar. Pengusaha dapat merencanakan tentang kegiatan
ekonomi yang ingin dilakukankannya. Akan tetapi pada akhirnya pasarlah yang
menetukan kelangsungan kegiatan setiap usaha.
2. Kebebasan dalam memiliki
harta. Implikasi dari kebebasan untuk menjalankan usaha, setiap individu bebas
untuk mengumpulkan harta yang diperoleh dari bekerja dan menjalankan usaha.
3. Menggalakkan
perkembangan teknologi dan pertumbuhan ekonomi. Dalam usaha mereka untuk
mendapatkan keuntunganberbagai perusahan harus berusaha untuk menciptakan
barang baru, mengurangi biaya produksi dan memperluas pasar.
4. Fluktuasi kegiatan
ekonomi semakin besar. Dalam sistem perekonomian pasar bebas kegiatan ekonomi
cendrung mengalami naik turun yang semakin besar, yaitu tingkat
ketisakstabilannya semain tinggi.[6]
Adapunpasarbebassempurnaditandaidengantujuhhalsebagaiberikut[7] :
1. Terdapatsejumlahpenjualdanpembelidantakseorangpunmemilikiperan
(andil) pentingterhadappasar.
2. Semuapenjualdanpembelibebasmasukdankeluarpasar.
3. Setiappembelidanpenjualbenar-benarmemahamisecara
total tentangapa-apa yang dilakukanolehsetiappembelidanpenjual.
4. Barang-barang yang dijual di
dalampasarhampirsama, sehinggasulitmengenaliasalusulpenjualdanpembelinya.
5. Biayadankeuntunganpembuatandanpenggunaan
yang
dipertukarkandiperolehdaripembelianataupenjualanbarang-barangtersebutdanbukanmelalui
yang lainnya di luaritu.
6. Semuapembelidanpenjualmemanfaatkansemaksimalmungkinyaitumasing-masingmencobamengambilsebanyakmungkinatausekecilmungkin.
7. Taka da lembagalain di
luaritu, misalnyapemerintahmengaturharga,
kuantitasataupunkualitasdaribarang-barang yang diperdagangkan di dalampasar.
D. DampakPositifdanNegatifPasarBebas
Munculnyaglobalisasiataupasarbebastentuakanmemilikidampakpositifdannegatif.
Globalisasidanpasarbebasakanmemberikankesempatankepadapelakudagangnasionaluntukmampumenjalinkerjasamabisnisdenganrekananluarnegeri,
misalnyadalambentukwarlabausahapatungan, danagenpemasaran. Olehkarenaituumat
Islam harusmampubersaingdalamkancahini.Rasulullahmemberikanpetunjukkepadaumatnya,
bahwaperniagaanadalahjalanyang muliauntukmendapatkanrejeki.Beliaubersabda “Ketauhilahsesungguhnyasembilanbagianrejekiituadalahdalamperniagaan.”
Sementarasisinegatifnya,
dengansemakintingginyainterdepedensiantar Negara, besarataukecilnyaefeknegatifglobalisasiperludicermati.Sebagaicontoh,
belakanganini, berbagaimacammakanan (McDonal, Kentucky Fried Chicken, dan
Dunkin’ Donats) internasionaltelahmasukkebeberapa Negara yang
mayoritaspenduduknya Muslim atau Negara Islam. Olehkarenaitu, yang perludicermatiadalah
status kehalalanmakanantersebut.Dengandemikian, sertifikat halal
perlumenjadiperhatian.Ketidakpedulianakankehalalanproduk-produktersebutjelasakanmempengaruhiperilakuumat
Islam, bahkando’a pun bisatidakdikabulkanoleh Allah SWT.
Efeknegatiflainnya, adalahdarikegagalanumat
Islam dalamperannya di duniabisis.Era
pasarbebasmemberikanpeluangsemakinbanyakmasuknyaekspatriatdari Negara asing,
denganbayaran yang bersaingdenganbayaran SDM local. Makin banyaknyatenagaasing
non muslipada level jabatan manager akanmemberipeluanginteraksilebihbesardengan
SDM lokaldanikutmempengaruhikebijakanmanajemenprusahaan, sehingga proses
peniruangayahidupberlangsungmakincepatatausemakintersisihdalamperandanpergaulan
di kantor.[8]
PENUTUP
A. Kesimpulan
DAFTAR PUSTAKA
Djakfar,
Muhammad. HukumBisnisMembangunWacanaIntegrasiPerundangan
NasionaldenganSyari’ah. Malang: (UIN Malang Press). 2009.
G. Velasquez, Manuel. Etika Bisnis Konsep dan Kasus.
Yogyakarta: Andi
Yogyakarta. 2005. Edisi-5.
Prof.Muhammad,EtikaBisnis
Islam. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.
persaingan-bebas/
pemerintah_1379.html
[1]
Manuel G. Velasquez. Etika Bisnis Konsep dan Kasus. Yogyakarta: Andi
Yogyakarta. 2005. Hlm, 165.
[2]Prof.Muhammad,EtikaBisnis Islam.
Yogyakarta: UPP AMP YKPN. hlm. 208-209.
[3]https://samborajoviansyah.wordpress.com/2015/12/23/etika-bisnis-dalam-pasar-persaingan-bebas/
[4]https://yuumenulis.wordpress.com/2013/01/07/etika-pasar-bebas/
[5]Prof.Muhammad,EtikaBisnis Islam.
hlm. 209 – 210.
[6]http://thoifursholahudin.blogspot.com/2013/02/pasar-bebas-dan-kebijakan-pemerintah_1379.html
[7]Prof. Muhammad Djakfar. HukumBisnisMembangunWacanaIntegrasiPerundanganNasionaldenganSyari’ah.
Malang: (UIN Malang Press). 2009. hlm. 338.
[8]Prof.Muhammad,EtikaBisnis Islam.
hlm. 211.
Halo, nama saya BOVIN INDAH, saya tinggal di Denpasar, Bali, Indonesia. Saya adalah korban penipuan di tangan pemberi pinjaman palsu. Saya kehilangan sekitar 6 juta karena saya membutuhkan modal besar Rp800.000.000. Saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi dan bisnis saya hancur, dan dalam proses itu saya kehilangan kedua anak saya.
BalasHapusSaya tidak tahan hal ini terjadi lagi. Pada 1 Mei 2020 ini, saya melihat kesaksian pinjaman dari seorang saudari dan saya diperkenalkan dengan seorang ibu yang baik, Ny. Rika Anderson Loan, yang akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman di sebuah perusahaan. Ibu tersayang, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk menyatakan terima kasih, dan semoga Tuhan terus memberkati Anda.
Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk menasihati sesama orang Indonesia, bahwa ada banyak scammer di luar sana, jadi jika Anda memerlukan pinjaman, dan ingin mendapatkan pinjaman dengan cepat, cukup mendaftar melalui
Mrs. Rika Anderson Loan melalui email: rikaandersonloancompany@gmail.com
Whatsapp: +13236893663.
Nama: BOVIN INDAH
Negara: Denpasar, Bali, Indonesia
Jumlah: Rp800.000.000
Tahun: 1 Mei 2020
email ini: bovinbovinindah@gmail.com
Salam kepada semua warga negara Indonesia, nama saya Yeyes Ristintares tolong, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini agar semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Allah benar-benar mendukung saya melalui kebaikan Ibu Ny. Helen Wilson. Setelah beberapa periode mencoba untuk mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya ditipu dan saya kehilangan lebih dari 32 juta Rupiah dengan pemberi pinjaman yang berbeda setelah membayar beberapa biaya dan tidak mendapatkan pinjaman. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya yang kemudian memperkenalkan saya kepada Ny. Helen Wilson, pemberi pinjaman di perusahaan, jadi teman saya meminta saya untuk melamar dari ibu Helen, jadi saya memanggil keberanian dan menghubungi Ibu Helen.
BalasHapusSaya mengajukan pinjaman 900 juta dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman itu disetujui tanpa tekanan dan semua pengaturan dibuat pada transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pinjaman transfer saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi aplikasi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari 48 jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.
Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah 900 juta. Saya sangat senang bahwa Allah akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang memberi saya keinginan hati saya. mereka juga memiliki tim ahli yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan cara menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda. Semoga ALLAH memberkati Ny. Helen Wilson untuk membuat hidup saya mudah, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Ny. Helen melalui email: (helenwilson719@gmail.com) atau Whatsapp: +1-585-326-2165 untuk Anda pinjaman
Ada perusahaan palsu lain yang menggunakan kesaksian saya secara online untuk mencapai keinginan egois mereka, saya satu-satunya dengan kesaksian yang benar ini, harap berhati-hati terhadap orang-orang ini. Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian sejati hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa Allah akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Sekali lagi nama saya Yeyes Ristintares, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: yristintares@gmail.com
Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada LADY ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.
BalasHapusBeberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Mrs. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)
Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Mrs. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.
Saya menghubungi Mrs ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)