etika pasar bebas



PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Pasar bebas memperoleh pembenaran karena mampu mengalokasikan sumber daya dan mendistribusikan komoditas dalam cara-cara yang adil, mampu memaksimalkan utilitas ekonomi para anggota masyarakat, dan menghargai kebebasan memilih baik para pembeli ataupun penjual. Aspek-aspek moral dari sistem pasar ini sangat bergantung pada sifat kompetitif dari sistem itu sendiri. Jika perusahaan-perusahaan bergabung dan menggunakan kekuatan bersama untuk melakukan penetapan harga, menyingkirkan pesaing dengan tindakan-tindakan yang tidak adil, atau memperoleh keuntungan monopoli dengan mengorbankan konsumen maka pasar tidak lagi menjadi kompetitif dan hasilnya adalah ketidakadilan, penurunan utilitas sosial, dan pembatasan terhadap kebebasan memilih. 
Persaingan antara dua pihak atau lebih untuk memperoleh sesuatu yang hanya bisa dimiliki salah satu dari mereka. Persaingan terjadi dalam pemilihan politik, sepak bola, dimedan perang, dan dalam jalur dimana nilai didistribusikan di atas sebuah kurva. Namun persaingan pasar melibatkan lebih dari sekedar persaingan antara dua perusahaan atau lebih. Oleh karena itu, dalam makalah ini akan dibahas mengenai etika pasar bebas yang dijadikan sebagai batasan atau pedoman dalam bertindak atau melakukan persaingan dalam pasar bebas.

B.     Rumusan Masalah
Bagaimanakah pengertian dari pasar bebas dan etika dalam pasar bebas ?

C.    Tujuan
Untuk mengetahui pengertian dari pasar bebas dan etika dalam pasar bebas.



PEMBAHASAN

A.    Pengertian Pasar Bebas
Pasar bebas dianggap mampu melindungi hak  atas kebebasan sejauh memungkinkan masing-masing individu untuk mempertukarkan barang-barang mereka secara sukarela dan bebas dari paksaan pemerintah. Pasar bebas dianggap mampu melindungi hak atas properti pribadi sejauh masing-masing individu bebas memutuskan apa yang akan dilakukan dengan apa yang dimilikinya tanpa interensi pemerintah.[1]
Pasar bebas merupakanperkembangandari pasar lokal dan nasional yang tidakmengenalketerbatasanwilayahtertentu. Pasar bebas merupakanakibat logis dari era globalisasi. Dalam pasar bebas suatukomoditastidakhanyaterbatasberasaldariwilayahsekitartetapisertamerta bisa datangdariwilayah-wilayah yang jauhjangkauannya. Kata kunci pasar bebas adalahefisiensi. Dalamperspektifekonomi islam, istilah pasar bebas tidakdigunakan, tetapimenggunakanistilah pasar sempurna.[2]
Pasar Bebas adalah suatu pasar dimana harga barang-barang dan jasa disusun secara lengkap oleh ketidak saling memaksa yang disetujui oleh para penjual dan pembeli, ditetapkan pada umumnya oleh hukum penawaran dan permintaan dengan tanpa campur tangan pemerintah dalam regulasi harga, penawaran dan permintaan.Pasar bebas adalah pasar ideal, di mana adanya perlakuan yang sama dan fair bagi semua pelaku bisnis dengan aturan yang fair, transparan, konsekuen & objektif, memberi peluang yang optimal bagi persaingan bebas yang sehat dalam pemerataan ekonomi. Pasar bebas diadvokasikan oleh pengusul ekonomi liberalisme. Salah satu ukuran kemajuan suatu bangsa dan keberhasilan suatu pemerintahan di era pasar bebas adalah tingkat kemampuannya untuk menguasai teknologi ekonomi(J.Gremillion).[3]
Dalam etika pasar islami, ekuiblirium diartikan sebagai titik pertemuan persamaan hak antara pembeli dan penjual.Hak pembeli untuk mendapatkan barang dan hak penjual untuk mendapatkan uang yang sepantasnya dari barang yang dijualnya. Dalam konteks hak ini, kewajiban-kewajiban masing-masing pihak harus terpenuhi terlebih dahulu, kewajiban bagi penjual untuk membuat produk yang berkualitas dan bermanfaat dan bagi pembeli untuk membayar uang tang sepantasnya sebagai pangganti harga barang yang diperoleh.
Peran pemerintah dalam mengatasi pasar bebas adalah melakkukan kebijakkan fiskal dan moneter, secara langsung melakukan kegiatan ekonomi (mendirikan perusahaan) dengan produksi barang publik, mengawasi agar kegiatan ekonomi yang merugikan dapat dihindari dan mengawasi kegiatan-kegiatan perusahaan, terutama perusahaan yang besar yang dapat mempengaruhi pasar.[4]

B.     Etikadalam Pasar Bebas
Sebagaisebuah sistema, pasar bebas memilikikeunggulandalamperekonomian. Haliniterutamakarenadapatmenjaminefisiensiekonomidengan cara yang memuaskan. Yakniefisiensidalamkontekskemampuanuntukmenghasilkansuatukomoditasatau jasa yang terbanyak dan berkualitastinggidenganbiayarendah. Selainitumempunyaikeunggulan pula adanyajaminankeadilanmelaluiperlakuan yang sama dan fairbagisemuapelakuekonomi, adanya aturan yang jelas dan fair, memberipeluang yang optimalbagipersaingan yang bebas sehat dan fair, mempunyaikemampuanuntukmenjaminpertumbuhanekonomi dan memberipeluangbagiperwujudankebebasanmanusia.
Menurutaksiomakebijakan, pada pasar bebas dalamprosestawar-menawardilakukandengansikapkesukarelaan dan keramah-tamahan. Kesukarelaandalampengertian, sikapsukarela antara keduabelahpihak yang melakukantransaksiataukerja sama. Keduabelahpihak sama-sama mempunyaihakpilih atas transaksi dan tidakbolehbersegeramemisahkandiridaritransaksiituuntukmenjagajikaadaketidakcocokan, bahkanpembatalandalamtransaksitersebut. Haliniditekankanuntukmenciptakan dan menjagakeharmonisanhubungan dan cinta mencintai antara sesamapelakuatau mitra bisnis. Adapunkeramah-tamahanmerupakansikapramah, toleran baikdalammenjualmaupunmembeli. Darisikapdemikianmaka secara otomatisakanmelahirkanpersaudaraandalamkemitraan yang salingmenguntungkan, tanpaadanyakerugian dan penyesalan.
Posisiurgenitas dan strategisnyaetikabisnisdalamkonteksiniadalahmeliputtiduasegi. Pertama,dariaspekkeadilansosialsupayasemuapeserta yang terlibatdalamkompetisi pasar bebas diberikan dan mempunyaikesempatan yang sama. Kedua,etikabisnissangatdibutuhkansebagaijaminan agar kompetisiberjalandenganbaik secara moral. Pada konteksinituntutanetikadapatdirumuskandengan cara positif dan negatif. Secara positifkompetisiharusberjalan secara fairyakni agar diantarakompetiterterjadiwin-winsolution. Adapun secara negatif, bahwadalamkompetisitidakbolehada yang merugikanpihaklain. Dalamsuatubisniskepentingandirimerupakansuatuhal yang terpenting.Tetapikepentingandiritidak identic dengan egoism dantidakbolehmenjadi egoism yang menyebabkanadanyakerugianpadapihak lain.
MenurutIbnuTaimiyahdalam pasar bebas hargadipertimbangkanolehkekuatanpenawaran dan  permintaan. Secara tegasiaberkata :Naikdanturunnyahargatakselaluterkaitdengankezaliman yang dilakukanolehseseorang. Sesekalialasannyaadalahadanyakekurangandalamproduksiataupenurunanimpordaribarang-barang yang diminta.Jadijikamembutuhkanpeningkatanjumlahbarang, sementarakemampuannyaakanmenurun, hargadengansendirinyaakannaik. Disisi lain jikakemampuanpenyediaanbarangmeningkatdanpermintaanyamenurunmakahargaakanturun. Kelangkaandankelimpahantakmestidiakibatkanolehperbuatanseseorang.Bisasajaberkaitandengansebab yang takmelibatkanketidakadilan.Atassesekalibisajugadisebabkanketidakadilan.Mahabesar Allah yang menciptakankemauanpadahatimanusia.
Pada kontekstersebut, IbnuTaimiyahmenggunakanistilahkezaliman yang menampakkanadanyakenaikanharga pada masa yang disebabkanolehakibatketidakadilanataumallpraktek yang dilakukanolehpenjualdalampengertianmanipulasi yang menyebabkanketidaksempurnaan pasar. Karenaituiameletakkandasarwewenangregulasi pasar kepadapemerintah. Regulasiinibertujuanuntukmemeliharakejujuran dan memungkinkanpendudukdapatmemuaskankebutuhandasarnya.
Karenaitu pula pada konteksimplementasinyadilapangan, solusialternatifdiatasmempunyaiketergantungan pada sistema politik dan ekonomi pada sebuah negara. Yaitusebuah sistema sosialpolitik dan ekonomi yang dapatmenjamin secara konsekuenkegiatanbisnis yang baik, etis, dan fair. Dengandemikiandibutuhkansuatuperangkathukum yang adil pada satusisi dan pemerintah yang bersih, adil, dan berwibawa pada sisilain.
Dalamimplementasinyawalaupundalam pasar bebas terkesanadanyakebebasan antara kompetitordalammemasarkankomoditas yang dimilikinya, tetapibukanberartikebebasan yang tiadaterbatas. Kebebasandisinidalampengertianbahwa secara sadar dan tanpaadanyapaksaan pada pelakubisnismengoptimalkanupaya-upayabisnisnya.[5]

C.    Ciri – ciriPasarBebas
Ciri-ciriutamaperekonomianpasarbebas, yaitu :
1.      Kegiatan ekonomi ditentukan oleh keinginan pasar. Pengusaha dapat merencanakan tentang kegiatan ekonomi yang ingin dilakukankannya. Akan tetapi pada akhirnya pasarlah yang menetukan kelangsungan kegiatan setiap usaha.
2.      Kebebasan dalam memiliki harta. Implikasi dari kebebasan untuk menjalankan usaha, setiap individu bebas untuk mengumpulkan harta yang diperoleh dari bekerja dan menjalankan usaha.
3.      Menggalakkan perkembangan teknologi dan pertumbuhan ekonomi. Dalam usaha mereka untuk mendapatkan keuntunganberbagai perusahan harus berusaha untuk menciptakan barang baru, mengurangi biaya produksi dan memperluas pasar.
4.      Fluktuasi kegiatan ekonomi semakin besar. Dalam sistem perekonomian pasar bebas kegiatan ekonomi cendrung mengalami naik turun yang semakin besar, yaitu tingkat ketisakstabilannya semain tinggi.[6]

Adapunpasarbebassempurnaditandaidengantujuhhalsebagaiberikut[7] :
1.      Terdapatsejumlahpenjualdanpembelidantakseorangpunmemilikiperan (andil) pentingterhadappasar.
2.      Semuapenjualdanpembelibebasmasukdankeluarpasar.
3.      Setiappembelidanpenjualbenar-benarmemahamisecara total tentangapa-apa yang dilakukanolehsetiappembelidanpenjual.
4.      Barang-barang yang dijual di dalampasarhampirsama, sehinggasulitmengenaliasalusulpenjualdanpembelinya.
5.      Biayadankeuntunganpembuatandanpenggunaan yang dipertukarkandiperolehdaripembelianataupenjualanbarang-barangtersebutdanbukanmelalui yang lainnya di luaritu.
6.      Semuapembelidanpenjualmemanfaatkansemaksimalmungkinyaitumasing-masingmencobamengambilsebanyakmungkinatausekecilmungkin.
7.      Taka da lembagalain di luaritu, misalnyapemerintahmengaturharga, kuantitasataupunkualitasdaribarang-barang yang diperdagangkan di dalampasar.

D.    DampakPositifdanNegatifPasarBebas
Munculnyaglobalisasiataupasarbebastentuakanmemilikidampakpositifdannegatif. Globalisasidanpasarbebasakanmemberikankesempatankepadapelakudagangnasionaluntukmampumenjalinkerjasamabisnisdenganrekananluarnegeri, misalnyadalambentukwarlabausahapatungan, danagenpemasaran. Olehkarenaituumat Islam harusmampubersaingdalamkancahini.Rasulullahmemberikanpetunjukkepadaumatnya, bahwaperniagaanadalahjalanyang muliauntukmendapatkanrejeki.Beliaubersabda “Ketauhilahsesungguhnyasembilanbagianrejekiituadalahdalamperniagaan.
Sementarasisinegatifnya, dengansemakintingginyainterdepedensiantar Negara, besarataukecilnyaefeknegatifglobalisasiperludicermati.Sebagaicontoh, belakanganini, berbagaimacammakanan (McDonal, Kentucky Fried Chicken, dan Dunkin’ Donats) internasionaltelahmasukkebeberapa Negara yang mayoritaspenduduknya Muslim atau Negara Islam. Olehkarenaitu, yang perludicermatiadalah status kehalalanmakanantersebut.Dengandemikian, sertifikat halal perlumenjadiperhatian.Ketidakpedulianakankehalalanproduk-produktersebutjelasakanmempengaruhiperilakuumat Islam, bahkando’a pun bisatidakdikabulkanoleh Allah SWT.

Efeknegatiflainnya, adalahdarikegagalanumat Islam dalamperannya di duniabisis.Era pasarbebasmemberikanpeluangsemakinbanyakmasuknyaekspatriatdari Negara asing, denganbayaran yang bersaingdenganbayaran SDM local. Makin banyaknyatenagaasing non muslipada level jabatan manager akanmemberipeluanginteraksilebihbesardengan SDM lokaldanikutmempengaruhikebijakanmanajemenprusahaan, sehingga proses peniruangayahidupberlangsungmakincepatatausemakintersisihdalamperandanpergaulan di kantor.[8]






















PENUTUP
A.    Kesimpulan
DAFTAR PUSTAKA

Djakfar, Muhammad. HukumBisnisMembangunWacanaIntegrasiPerundangan
NasionaldenganSyari’ah. Malang: (UIN Malang Press). 2009.
G. Velasquez, Manuel. Etika Bisnis Konsep dan Kasus. Yogyakarta: Andi
Yogyakarta. 2005. Edisi-5.
Prof.Muhammad,EtikaBisnis Islam. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.
persaingan-bebas/
pemerintah_1379.html


[1] Manuel G. Velasquez. Etika Bisnis Konsep dan Kasus. Yogyakarta: Andi Yogyakarta. 2005. Hlm, 165.
[2]Prof.Muhammad,EtikaBisnis Islam. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.  hlm. 208-209.
[3]https://samborajoviansyah.wordpress.com/2015/12/23/etika-bisnis-dalam-pasar-persaingan-bebas/
[4]https://yuumenulis.wordpress.com/2013/01/07/etika-pasar-bebas/
[5]Prof.Muhammad,EtikaBisnis Islam. hlm. 209 – 210.
[6]http://thoifursholahudin.blogspot.com/2013/02/pasar-bebas-dan-kebijakan-pemerintah_1379.html
[7]Prof. Muhammad Djakfar. HukumBisnisMembangunWacanaIntegrasiPerundanganNasionaldenganSyari’ah. Malang: (UIN Malang Press). 2009. hlm. 338.
[8]Prof.Muhammad,EtikaBisnis Islam. hlm. 211.

Komentar

  1. Halo, nama saya BOVIN INDAH, saya tinggal di Denpasar, Bali, Indonesia. Saya adalah korban penipuan di tangan pemberi pinjaman palsu. Saya kehilangan sekitar 6 juta karena saya membutuhkan modal besar Rp800.000.000. Saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi dan bisnis saya hancur, dan dalam proses itu saya kehilangan kedua anak saya.

    Saya tidak tahan hal ini terjadi lagi. Pada 1 Mei 2020 ini, saya melihat kesaksian pinjaman dari seorang saudari dan saya diperkenalkan dengan seorang ibu yang baik, Ny. Rika Anderson Loan, yang akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman di sebuah perusahaan. Ibu tersayang, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk menyatakan terima kasih, dan semoga Tuhan terus memberkati Anda.

    Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk menasihati sesama orang Indonesia, bahwa ada banyak scammer di luar sana, jadi jika Anda memerlukan pinjaman, dan ingin mendapatkan pinjaman dengan cepat, cukup mendaftar melalui

    Mrs. Rika Anderson Loan melalui email: rikaandersonloancompany@gmail.com
    Whatsapp: +13236893663.
    Nama: BOVIN INDAH
    Negara: Denpasar, Bali, Indonesia
    Jumlah: Rp800.000.000
    Tahun: 1 Mei 2020
    email ini: bovinbovinindah@gmail.com

    BalasHapus
  2. Salam kepada semua warga negara Indonesia, nama saya Yeyes Ristintares tolong, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini agar semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Allah benar-benar mendukung saya melalui kebaikan Ibu Ny. Helen Wilson. Setelah beberapa periode mencoba untuk mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya ditipu dan saya kehilangan lebih dari 32 juta Rupiah dengan pemberi pinjaman yang berbeda setelah membayar beberapa biaya dan tidak mendapatkan pinjaman. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya yang kemudian memperkenalkan saya kepada Ny. Helen Wilson, pemberi pinjaman di perusahaan, jadi teman saya meminta saya untuk melamar dari ibu Helen, jadi saya memanggil keberanian dan menghubungi Ibu Helen.

    Saya mengajukan pinjaman 900 juta dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman itu disetujui tanpa tekanan dan semua pengaturan dibuat pada transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pinjaman transfer saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi aplikasi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari 48 jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah 900 juta. Saya sangat senang bahwa Allah akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang memberi saya keinginan hati saya. mereka juga memiliki tim ahli yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan cara menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda. Semoga ALLAH memberkati Ny. Helen Wilson untuk membuat hidup saya mudah, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Ny. Helen melalui email: (helenwilson719@gmail.com) atau Whatsapp: +1-585-326-2165 untuk Anda pinjaman

    Ada perusahaan palsu lain yang menggunakan kesaksian saya secara online untuk mencapai keinginan egois mereka, saya satu-satunya dengan kesaksian yang benar ini, harap berhati-hati terhadap orang-orang ini. Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian sejati hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa Allah akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Sekali lagi nama saya Yeyes Ristintares, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: yristintares@gmail.com

    BalasHapus
  3. Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada LADY ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

    Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Mrs. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Mrs. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

    Saya menghubungi Mrs ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Modal Ventura

Perencanaan SDM